Menulis untuk keabadian - Personal

Mengapa kita harus punya skill menulis?

Sang maestro sastra Indonesia, Pramoedya Ananta Toer pernah menuliskan petuah dalam bukunya,
“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian."
Memang, alasan menulis berbeda bagi setiap orang. tergantung dari tujuan masing-masing individu. Tapi setidaknya, beberapa hal dibawah ini bisa menjadi alasan mengapa kamu harus meningkatkan skill menulismu untuk dirimu sendiri

1. Menulis adalah satu cara untuk bisa dikenang.
Tidak ada hal yang paling indah dan membahagiakan selain menjadi orang yang selalu dibutuhkan orang lain, dikenang, di rindukan banyak orang. Untuk pribadi, menulis bisa meninggalkan kesan untuk orang-orang dengan perspektifmu sendiri.

2. Nostalgia
      Dimasa yang akan datang akankah kamu ingat apa yang kamu lakukan ketika umur 7 tahun? mungkin kau tidak akan mengingatnya, kecuali pada sesuatu yag benar-benar berkesan. itu pun hanya mengingat retensi dari ingatan yang kamu ingat sebelumnya. jadi, lama-kelamaan apa yang kamu ingat adalah apa yag kamu ingat diingatan terakhir kamu dan kemudian menjadi abstrak.
     Nah, dengan menulis, tulisan kamu bisa menjadi satelit. menghubungkan dirimu sekarang, dengan kejadian yang kamu alami dulu. menulis adalah tentang mengabadikan momen.

     3. To be expert.
Menjadi seorang penulis hebat yang dikenal orang banyak dengan karya-karyanya yang indah bukanlah hal instan. mereka pun belajar, dengan terbiasa menulis, menyampaikan isi pikiran dengan tulisan. bermain dan menulis kata, memilih diksi yang tepat, bermain majas dan lain sebagainya. semua akan itu akan menjadi pengalaman yang bermanfaat.
ingat, "Menulis adalah pengalaman skill" semakin banyak menulis, skill/kemampuan menulismu juga akan semakin baik. 



so, take your pen, and make your world now with a word

Post a Comment

0 Comments