8 Situs Top Kontes Desain Logo - Berburu Dolar

Salah satu cara menambah penghasilan dari internet adalah dengan mengikuti kontes-kontes online.

        Apakah kamu sedang mencari penghasilan tambahan? jika iya, berarti artikel ini bisa cukup membantu kamu.

BACA JUGA:

@sharon mc cuthc heon/Unsplash.com
        Internet bisa menjadi hal yang positif ketika kita mampu memanfaatkannya dengan baik. Saat ini internet sudah menjadi bagian yang sulit atau bahkan tidak terpisahkan dari kehidupan manusia, baik untuk skala kecil maupun skala yang besar, seperti kaitannya dengan dunia industri maupun kehidupan pribadi penggunaya secara personal. Berbagai informasi bisa kita dapatkan hanya dengan mengetikan kata kunci ke mesin pencari seperti google, bing dan lain sebagainya melalui smartphone maupun pc. 

        Dampak positif dari adanya internet juga membuka lapangan pekerjaan baru di era milenium saat ini. lapangan pekerjaan yang disediakan bukan hanya untuk kalangan profesional, tetapi juga terbuka bagi pemula dan juga amatir, itu yang akan kita bahas di artikel kali ini, yaitu menjadi freelancer/pekerja lepas melalui internet. 

        Freelancer adalah pekerja lepas yang tidak terikat dengan instansi tertentu dalam waktu yang lama, karena freelancer termasuk kedalam tipe Self Employed yang bekerja atas namanya sendiri. Sub pekerjaan freelancer antara lain menjadi Penulis, Creator Video, Creator Music, Computer Programing, Web Designer , Grafis Designer, penerjemah, tour guide dan hal-lain. tetapi khusus artikel ini saya akan membahas tentang menjadi Freelance Grafis Designer. 

Ruang lingkup kerja desainer grafis:
- Membuat desain logo, logo & kartu nama,
- Membuat poster, flyer, banner, Poster dan desain-desain lain
- menjadi Ilustrator

        Model freelance yang kita ikuti di internet adalah model Kontes. keterampilan dasar yang harus kalian miliki adalah mampu mengoperasikan software design seperti Adobe Photoshop, CorelDraw ataupun Adobe Ilustrator.

Berikut ini adalah website-website bagi Freelance grafis designer dengan tipe kontes


1. Sribu


        Sribu adalah website asli dalam negeri, situs ini membuka kesempatan besar bagi kamu yang tertarik dengan dunia desain untuk bersaing dalam lomba-lomba yang diadakan di sribu. tetapi untuk menjadi bagian dari peserta lomba di sribu kalian harus melewati tahap tes kelayakan menjadi angota. tes ini hanya dilakukan sekali dibagian awal,jika kalian lolos, kalian bisa mengikuti lomba-lomba didalamnya sebanyak yang kalian mau mulai dari desain logo, desain kemasan produk, poster dan lain-lain. Hadiah untuk setiap lomba bervariasi mulai dari Rp. 1.800.000- Rp. 10.000.000.


2. 99designs


8 situs desain logo

        99designs.com adalah portal website contest yang berlokasi di USA, Australia dan juga Germany. situs ini merupakan situs yang sangat terkenal untuk para freelancer Indonesia. cara mendaftar di situs ini cukup mudah, tetapi dibutuhkan data ID resmi seperti KTP, SIM ataupun Pasport. berbeda dengan sribu, di website ini tidak ada tahap tes, jadi kamu bisa langsung mengikuti kontes yang sediakan. hadiah yang bisa kalian dapatkan untuk masing-masing lomba juga bervariasi, mulai dari 190 dolar sampai 1000 dolar.
    *catatan : Karena ini adalah website berbahasa inggris jadi setidaknya kamu harus bisa bahasa inggris, tetapi jika kamu tidak bisa, kamu bisa memanfaatkan google translate sebagai jalan keluarnya.

3. 48hourslogo

8 situs desain logo
      
       Situs ini hampir sama dengan 99designs.com, tetapi diwebsite ini lebih berfokus pada kontes-kontes logo desain, bagi kamu yang terbiasa dengan membuat logo, kamu bisa memulai perjalanan menjadi freelancer dengan website ini.
        catatan web ini sama dengan 99designs.com, yaitu bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris.

4. Logo Tournament



situs top kontes desain

Logo tournament salah satu website yang dihuni oleh banyak freelancer yang profesional dari seluruh dunia, jika kamu menginginkan bergabung di web ini kamu harus menyertakan link fortofolio design yang kamu miliki.

5. Designcrowd

website desain logo

        Designcrowd.com memiliki ciri khas tersendiri di setiap kontesnya, yaitu setiap kontes yang diadakan di web ini diselenggarakan dengan mode Blind sampai kontes berakhir. Mode Blind berarti melindungi ide dari creator untuk tidak dicuri atau di copy oleh pesaing kita sesama freelancer, setiap kontes yang diadakan di designcrowd biasanya dibuka dalam waktu 6 hari sebelum tahap penentuan pemenang. hadiah yang ditawarkan di Designcrowd ada dua jenis, yaitu dalam bentuk mata uang Euro dan juga Dolar. seringkali disetiap kontesnya dimulai dari 120 Euro dan 150 US dolar.

6. Logo Arena


    Portal web ini juga berfokus pada kontes membuat logo, anggota yang tergabung di logo arena sebagian besar merupakan freelancer yang sudah berpengalaman,

7. Logo MyWay



8. DesignHill


design hill desain logo
        nomor 6,7, dan 8 merupakan situs web yang jarang di ikuti oleh para pemula di bidang desain grafis. 

        itulah 8 website kontest bagi kamu yang menginginkan tambahan penghasilan melalui internet

* Menjadi freelancer untuk kamu yang masih berstatus pelajar ataupun mahasiswa bukan hanya akan menambah uang jajan tetapi juga menambah pengalaman dan mengasah skill kamu di bidang desain grafis.
* Dari beberapa website diatas, penulis paling aktif di 99designs, terkadang di sribu dan designcrowd.

Post a Comment

2 Comments

  1. Min tolong kasih tahu ukran untuk handover designhill dan file apa saja yang di kirim

    ReplyDelete
    Replies
    1. umumnya ukuran file handover untuk file asli adalah 1000 pixel tetapi dengan resolusi 300 dpi. file yang dikirim ke contest holder umumny adalah file PNG, pdf dan file asli. apabila ada tambahan disesuaikan dengn permintaan CH. untuk lebih jelasnya bisa klik link berikut: https://www.designhill.com/faq/handover-for-designers

      Delete