Fakta Dibalik Jatuh cinta

Jatuh cinta? ko bisa sih? Kenapa ya? Tau ga alasannya apa?
Iya, jatuh cinta, salah satu diantara 3 topik yang disukai oleh banyak orang selain seks dan mistik di indonesia.
perasaan jatuh cinta antara laki-laki dan perempuan
sept comercial / unsplash.com
Pernah ngga si kamu ngerasain yang namanya jatuh cinta? Pastinya pernah dong. Perasaan yang membuat kamu berbunga-bunga entah apa sebabnya, susah tidur dan susah makan kalo lagi kangen ala-ala cinta monyet waktu SMA. Suatu perasaan yang terkadang mengalahkan rasionalitas kamu dalam berpikir dan bertindak, tapi kamu tau ga sih bahwa perasaan jatuh cinta yang kamu alami itu adalah proses yang tidak biasa yang melibatkan banyak hormon ditubuh kamu. Apakah kamu selama ini tidak penasaran dengan penyebabnya?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Halen fisher (PhD biological Antropologist and leading expert in the science of human attraction), perasaan disaat jatuh cinta dibagi menjadi 3 kategori berdasarkan hormon yang terlibat, yaitu :

Nafsu yang melibatkan hormon testosteron dan esterogen
Dayatarik yang melibatkan hormon dopamin, norepinefrin dan serotonin
Keterikatan yang melibatkan hormon oksitosin dan vasopresin

Nah, ternyata jatuh cinta lumayan rumit juga ya, sekarang mari kita simak peran dari masing-masing hormon diatas, apa saja sih peran masing-masing hormon tersebut dalam proses kita jatuh cinta?

freestocks/unsplash.com

1.       Testosteron (Pada laki-laki)

Sebagaimana kita tahu bahwa hormon ini adalah hormon yang penting bagi laki-laki, selain berperan dalam pembentukan kepadatan tulang dan kekuatan otot, hormon juga sangat berperan dalam meningkatkan libido dan meningkatkan sikap agresif yang dapat mendorong seseorang untuk mengejar orang lain secara intens.
Bahkan faktanya hormon ini memiliki peran yang besar dalam kebiasaan tertentu yang dilakukan laki-laki. (What is that?)

2.       Esterogen (pada perempuan)

Sama seperti testosteron pada laki-laki, hormon esterogen berperan dalam peningkatan libido dan mengatur perkembangan seksual pada wanita serta pembentukan bagian-bagian tertentu (organ sekunder) yang menambah daya tarik wanita secara seksual.

mendapatkan cinta yag menyenangkan dari pasangan dengan perhatian dan kasih sayang
priscilla du preez/unsplas.com

3.       Dopamin

Hormon ini dikenal juga sebagai reward hormon, karena dopamin berpengaruh pada rasa senang dan gembira pada saat seseorang jatuh cinta, dan dopamin dapat menyebabkan candu layaknya mengkomsumsi obat-obat yang bersifat adiktif.
Dopamin bisa menyebabkan candu cinta, seolah-olah hidup tanpa dia itu ngga asik dan bikin gelisah.

4.       Norepinefrin/Noradrenalin

Ini adalah hormon pada sistim limbik otak yang mengontrol emosi-emosi  seperti depresi dan euforia. Hormon ini juga yang menyebabkan jantung kamu berdetak kencang ketika melihat orang yang kamu sukai mendekat dan terkadang membuat kamu kurang kontrol/grogi serta suhu tubuh menjadi naik tiba-tiba, gerah dan panas dingin.
Jadi, Jangan sampe grogi berlebihan ya.

5.       Serotonin

Hampir sama dengan norepinefrin. hormon ini juga berperan dalam mengelola mood positif dan depresi. Kadar serotonin pada perempuan disebut-sebut lebih sedikit dibandingkan pada laki-laki, hal ini pula yang menyebabkan perempuan lebih berisiko mengalami depresi dan galau dibandingkan laki-laki.

hormon cinta - the trully love
rawpixel/unsplash.com

6.       Oksitosin

Ini dia yang banyak disebut sebagai hormon cinta dalam kehidupan menusia. hormon ini meningkatkan rasa saling memiliki dan kasih sayang diantara pasangan. Aktivitas seksual akan medorong pelepasan oksitosin yang berperan dalam ereksi dan orgasme. Selain itu hormon ini juga berpengaruh meningkatkan rasa menghargai dan senang saat dilihat pasangan.

7.       Vasopresin

Hormon ini masuk dalam kategori hormon yang meningkatkan rasa saling terikat dan memiliki diantara pasangan. Meningkatkan kedekatan sosial dan sikap keibuan. Hormon ini juga terlibat dalam proses melahirkan dan pembentukan asi setelahnya.

Itulah hormon-hormon yang membuat kamu bisa ngerasain yang namanya jatuh cinta.

Baca juga : 
Membuat Batasannya sendiri - Introvert 1


Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-teman kamu yang saat ini sedang naksir pada seseorang dengan mengklik tombol share dibawah ini. Lets make fun

Post a Comment

2 Comments