Tipe-Tipe Karakter Kontestan Di 99designs | Trik Menang Kontes 99designs
Trik Menang di 99designs | Katatoy |
Bagi desainer pemula maupun yang sudah semi
senior di 99designs pasti pernah mengalami masa-masa krisis kemenangan selama
mengikuti kontes di 99designs ini. Coba kalian ingat-ingat, sudah berapa lama
kamu tidak memenangkan kontes? Apa yang kamu sadari selama masa-masa itu? Adakah
perubahan strategi yang kamu lakukan?apakah kamu mempelajari trik baru? Apakah kamu
sekarang sedang krisis keuangan? kalo itu jawabannya jalan keluarnya Cuma satu,
ya cari duit dong.. Hehe.
Setelah banyak mengikuti kontes, saya
menyadari sesuatu. Masing-masing desainer punya karakter dan triknya tersendiri. Ada yang
selalu mengirim desain paling awal ada yang paling akhir ketika waktu sudah mepet
dan ada juga yang mengirim logo mirip dengan kontestan lain yang sudah diberi
rating tinggi oleh contest holder.
1. WATCH AND LEARN (COMMON STRATEGY)
Kelebihan:
Cara ini bisa berhasil karena kamu bisa menyadari selera dari si CH sebelum karya kamu masuk. Dengan memperhatikan karya-karya sebelumya dari kontestan lain yang udah masuk, kamu tinggal memikirkan ide lain dengan konsep yang mirip tapi lebih bagus untuk diupload.
Kekurangan:
ketika CH ternyata telah memberi rate tinggi kepada
karya yang udah masuk, sementara kamu baru watching artinya kamu harus bekerja
keras memikirkan ide yang bisa membuat CH berpaling dari karya yang sudah ada. Lakukan
yang terbaik agar CH berpaling kepada logo yang kamu kirimkan.
2. TRENDSETTER (INNISIATOR)
Kelebihan:
CH akan merasa lebih dihargai karena desainer yang masuk duluan lebih memiliki interest untuk mengikuti kontesnya. Biasanya CH akan langsung memberi feedback cepat ataupun rating kepada logo kamu sehingga kamu bisa segera merevisi logo sesuai keinginan CH.
Kekurangan:
Cara ini layaknya boomerang yang justru
menjadi senjata makan tuan. Ide kita akan ditumpulkan oleh desainer lain jika
desainer berikutnya punya ide yg jauh lebih baik daripada kamu. Jika kontestan
lain setelahnya bisa membuat CH berpaling, maka desain awal yg ratenya bagus secara
perlahan akan perlahan tersingkir.
3. THE SNIPER (THE EFFECTIVE MAN)
Kontestan yang menggunakan strategi ini secara sadar dan sengaja telah mengincar kontes yang waktunya sudden death alias waktu udah diambang batas. Ia akan berusaha men-submit logo paling akhir. Hal ini bertujuan supaya tak perlu menunggu waktu lama untuk masuk tahap final. Cukup dengan membaca brief dan membandingkan karya rate tertinggi sebelumnya.
Kelebihan:
Cara ini terbilang efektif dan tidak buang-buang
waktu, karena tidak perlu menunggu terlalu lama sampe tahap final. Terntu dengan
catatan bahwa ide desain yang diberikan sudah benar-benar bisa diperhitungkan
untuk masuk final dan menjadi salah satu dari 6 desainer yg dipilih CH.
Selanjutnya tinggal berjuang habis-habisan di babak final. Be effective.
Kekurangan:
Trik ini cukup riskan, jika karya yang
disubmit paling akhir tadi dibuang oleh CH karena tidak memenuhi standard an seleranya
maka otomatis karyamu akan di decline. Kamu sebagai desainer tidak akan punya
kesempatan untuk mengulang karya baru dengan ide yang lain. Remember guys. One
shot only!.
4. DESIGN BOMBER (THE
OPPORTUNIST)
Ibarat memancing, lemparkan umpan sebanyak mungkin dengan jenis umpan yang berbeda, terlihat seperti praktek orang-orang oppotunis yang berusaha dengan segala cara asal bisa dapat hasil yang menguntungkan. Sifatnya gambling, tergantung umpan mana yg akan dapat ikan paling besar. Strategi Ini disebut bom desain. Seorang desainer akan mengupload kurang lebih 10 karya sekaligus dengan tujuan memberi CH banyak pilihan desain, dan berharap setidaknya minimal 1 ide dapat diterima oleh CH dengan rate bagus.
Kelebihan:
Kalo pas sesuai dengan selera CH, okelaah…, missal 5 dari 10 karya tadi akan mendapatkan rate tinggi, dengan begitu desainer punya banyak senjata untuk dipakai bertempur. Kamu tinggal melihat perkembangan tiap entri tersebut sampai CH memilih salah satu yang terbaik.
Kekurangan:
Terdapat tipe CH yang gerah dengan cara ini,
karena ia menganggap si desainer hanya asal upload karya tanpa memikirkan
konsep logonya, hal ini dikarenakan ada CH yang menginginkan sebuah logo penuh
konsep dan sesuai dengan tujuan perusahaannya. Oleh karena itu jangan shock ketika kemudian CH menghadiahkan
paket decline sekaligus.
5. SHADOWMASTER (THE FUCKK BOY)
Shadow master biasa disebut juga sebagai peniru,
tapi dengan cara yang lebih pintar. Desainer seperti ini selalu membayangi
desain entry yang telah mendapatkan rate
tertinggi, kemudian mencoba meniru konsep dan bentuknya, tetapi merubahnya
sedikit atau menyempurnakannya. Berharap CH akan memberikan rate yg sama dan pada
akhirnya bisa menyingkirkan desainer aslinya.
Kelebihan:
Kamu bisa melakukan cara ini jika bertemu
dengan CH yg kurang memperhatikan atau tidak peduli dengan copycat desain. CH tidak
mau tau darimana ide desain tersebut, selama itu lebih baik dan sesuai dengan
seleranya maka akan diberi rate yg bagus.
Kekurangan:
Jika tidak hati-hati, trik ini cukup beresiko
dilaporkan oleh desainer lain. Cara ini juga tidak berlaku pada CH yg berpegang
teguh pada pedoman bahwa “originalitas adalah segalanya pada sebuah
desain” karena CH ingin setiap desainer punya ide yang berbeda namun
tetap punya konsep yang kuat di masing-masing entry.
Baca juga:
Uang kurang dari 50 dollar? pilih paypal aja|
Menarik dana dari 99designs ke paypal
Pengalaman Mendapat 10 juta Pertama
Dari 99designs
Setiap strategi pasti ada kelebihan dan kekurangannya seperti
yang saya sebutkan diatas. Biasanya sih, yang namanya strategi pasti
dirahasiakan oleh tiap desainer. Tapi tidak ada salahnya juga jika kita saling
berbagi strategi masing-masing disini, mungkin juga ada dari kamu disini yg
ingin berbagi strateginya supaya kita semua bisa ikut ngerasain gajian dollar
lebih cepat? hehe.... silakan tuliskan di kolom komentar!
Apapun strateginya, Please Remember To Fair Play! ada kode etik tak tertulis di dunia desain mudah-mudahan kita tidak
menyimpang dari itu dan tidak membuat desainer lain merasa dirugikan. Ingat,
Rejeki tak kan kemana, Allah SWT sudah mengatur rejeki untuk setiap hambanya. jadi yang harus dilakukan adalah terus bergerak. Selamat berkarya.
0 Comments