5 Tipe Karakter Kontestan Di 99designs | Trik Menang Kontes 99designs

 Tipe-Tipe Karakter Kontestan Di 99designs | Trik Menang Kontes 99designs 

Trik Menang di 99designs | Katatoy

Bagi desainer pemula maupun yang sudah semi senior di 99designs pasti pernah mengalami masa-masa krisis kemenangan selama mengikuti kontes di 99designs ini. Coba kalian ingat-ingat, sudah berapa lama kamu tidak memenangkan kontes? Apa yang kamu sadari selama masa-masa itu? Adakah perubahan strategi yang kamu lakukan?apakah kamu mempelajari trik baru? Apakah kamu sekarang sedang krisis keuangan? kalo itu jawabannya jalan keluarnya Cuma satu, ya cari duit dong.. Hehe.

Setelah banyak mengikuti kontes, saya menyadari sesuatu. Masing-masing desainer punya karakter dan triknya tersendiri. Ada yang selalu mengirim desain paling awal ada yang paling akhir ketika waktu sudah mepet dan ada juga yang mengirim logo mirip dengan kontestan lain yang sudah diberi rating tinggi oleh contest holder.

 Berikut saya bagikan beberapa tipe karakter kontestan di 99designs, khususnya di kontes logo designs.

1. WATCH AND LEARN (COMMON STRATEGY)

 Mengamati dan mempelajari hasil logo kontestan lain. Cara ini merupakan strategi yang paling umum yang digunakan oleh kontestan. Biasanya desainer melihat dulu perkembangan kontesnya dan melihat keaktifan dari contest holder sebelum submit entry. Kontes yang dipilih biasanya adalah kontes yang baru saja di buka, misalnya entry yang masuk kurang dari 5 logo. Tujuannya adalah menunggu feedback dari CH terhadap entry yang sudah masuk duluan dan kemudian membuat keputusan apakah akan terlibat di kontes itu  atau tidak. Jika dirasa mampu membuat hasil yang lebih baik, maka langkah selanjutnya tinggal buat logo yang lebih baik dan submit to contest.

        Kelebihan: 

        Cara ini bisa berhasil karena kamu bisa menyadari selera dari si CH sebelum karya kamu masuk. Dengan memperhatikan karya-karya sebelumya dari kontestan lain yang udah masuk, kamu tinggal memikirkan ide lain dengan konsep yang mirip tapi lebih bagus untuk diupload.

         Kekurangan:

ketika CH ternyata telah memberi rate tinggi kepada karya yang udah masuk, sementara kamu baru watching artinya kamu harus bekerja keras memikirkan ide yang bisa membuat CH berpaling dari karya yang sudah ada. Lakukan yang terbaik agar CH berpaling kepada logo yang kamu kirimkan.


2. TRENDSETTER (INNISIATOR)

 Kamu harus mencari kontes yang baru dibuka dan memasukkan karya secepat mungkin sebelum ada kontestan lain yg masuk, dengan harapan bahwa kamu mendapat rating yang bagus sedari awal dan menjadi Trend di awal  dengan tujuan jika lgogo kita ditiru akan jelas terlihat sehingga punya alibi untuk melaporkan karya peniru dari kontestan lain.

Kelebihan:  

CH akan merasa lebih dihargai karena desainer yang masuk duluan lebih memiliki interest untuk mengikuti kontesnya. Biasanya CH akan langsung memberi feedback cepat ataupun rating kepada logo kamu sehingga kamu bisa segera merevisi logo sesuai keinginan CH.  

Kekurangan:

Cara ini layaknya boomerang yang justru menjadi senjata makan tuan. Ide kita akan ditumpulkan oleh desainer lain jika desainer berikutnya punya ide yg jauh lebih baik daripada kamu. Jika kontestan lain setelahnya bisa membuat CH berpaling, maka desain awal yg ratenya bagus secara perlahan akan perlahan tersingkir. 


3. THE SNIPER (THE EFFECTIVE MAN)

Kontestan yang menggunakan strategi ini secara sadar dan sengaja telah mengincar kontes yang waktunya sudden death alias waktu udah diambang batas. Ia akan berusaha men-submit logo paling akhir. Hal ini bertujuan supaya tak perlu menunggu waktu lama untuk masuk tahap final. Cukup dengan membaca brief dan membandingkan karya rate tertinggi sebelumnya.

Kelebihan:

Cara ini terbilang efektif dan tidak buang-buang waktu, karena tidak perlu menunggu terlalu lama sampe tahap final. Terntu dengan catatan bahwa ide desain yang diberikan sudah benar-benar bisa diperhitungkan untuk masuk final dan menjadi salah satu dari 6 desainer yg dipilih CH. Selanjutnya tinggal berjuang habis-habisan di babak final. Be effective.

Kekurangan:

Trik ini cukup riskan, jika karya yang disubmit paling akhir tadi dibuang oleh CH karena tidak memenuhi standard an seleranya maka otomatis karyamu akan di decline. Kamu sebagai desainer tidak akan punya kesempatan untuk mengulang karya baru dengan ide yang lain. Remember guys. One shot only!.

4. DESIGN BOMBER (THE OPPORTUNIST) 

Ibarat memancing, lemparkan umpan sebanyak mungkin dengan jenis umpan yang berbeda, terlihat seperti praktek orang-orang oppotunis yang berusaha dengan segala cara asal bisa dapat hasil yang menguntungkan. Sifatnya gambling, tergantung umpan mana yg akan dapat ikan paling besar. Strategi Ini disebut bom desain. Seorang desainer akan mengupload kurang lebih 10 karya sekaligus dengan tujuan memberi CH banyak pilihan desain, dan berharap setidaknya minimal 1 ide dapat diterima oleh CH dengan rate bagus. 

Kelebihan: 

Kalo pas sesuai dengan selera CH, okelaah…, missal 5 dari 10 karya tadi akan mendapatkan rate tinggi, dengan begitu desainer punya banyak senjata untuk dipakai bertempur. Kamu tinggal melihat perkembangan tiap entri tersebut sampai CH memilih salah satu yang terbaik.

Kekurangan:

Terdapat tipe CH yang gerah dengan cara ini, karena ia menganggap si desainer hanya asal upload karya tanpa memikirkan konsep logonya, hal ini dikarenakan ada CH yang menginginkan sebuah logo penuh konsep dan sesuai dengan tujuan perusahaannya. Oleh karena itu jangan shock ketika kemudian CH menghadiahkan paket decline sekaligus.


5. SHADOWMASTER (THE FUCKK BOY)
 

Shadow master biasa disebut juga sebagai peniru, tapi dengan cara yang lebih pintar. Desainer seperti ini selalu membayangi desain entry yang telah  mendapatkan rate tertinggi, kemudian mencoba meniru konsep dan bentuknya, tetapi merubahnya sedikit atau menyempurnakannya. Berharap CH akan memberikan rate yg sama dan pada akhirnya bisa menyingkirkan desainer aslinya.

Kelebihan:

Kamu bisa melakukan cara ini jika bertemu dengan CH yg kurang memperhatikan atau tidak peduli dengan copycat desain. CH tidak mau tau darimana ide desain tersebut, selama itu lebih baik dan sesuai dengan seleranya maka akan diberi rate yg bagus.

Kekurangan: 

Jika tidak hati-hati, trik ini cukup beresiko dilaporkan oleh desainer lain. Cara ini juga tidak berlaku pada CH yg berpegang teguh pada pedoman bahwa “originalitas adalah segalanya pada sebuah desain” karena CH ingin setiap desainer punya ide yang berbeda namun tetap punya konsep yang kuat di masing-masing entry.

 Dari 5 karakter ataupun trik diatas mungkin masih ada trik lain yang lebih jitu untuk memenangkan kontes. Jadi, cara yang mana nih yang rasanya kamu banget? Cara yang mana yang mau kamu pakai untuk memenangkan kontes di 99designs? tentunya semua tergantung dari situasi dan jenis karakter dari CH.

Baca juga:

Uang kurang dari 50 dollar? pilih paypal aja| Menarik dana dari 99designs ke paypal

Pengalaman Mendapat 10 juta Pertama Dari 99designs

Setiap strategi pasti ada kelebihan dan kekurangannya seperti yang saya sebutkan diatas. Biasanya sih, yang namanya strategi pasti dirahasiakan oleh tiap desainer. Tapi tidak ada salahnya juga jika kita saling berbagi strategi masing-masing disini, mungkin juga ada dari kamu disini yg ingin berbagi strateginya supaya kita semua bisa ikut ngerasain gajian dollar lebih cepat? hehe.... silakan tuliskan di kolom komentar!

 Apapun strateginya, Please Remember To Fair Play! ada kode etik tak tertulis di dunia desain mudah-mudahan kita tidak menyimpang dari itu dan tidak membuat desainer lain merasa dirugikan. Ingat, Rejeki tak kan kemana, Allah SWT sudah mengatur rejeki untuk setiap hambanya. jadi yang harus dilakukan adalah terus bergerak. Selamat berkarya.

 

Post a Comment

0 Comments